Daftar Biodata Artis Terlengkap Terbaru

Thursday, June 16, 2016

Profil, Biografi Dan Biodata Irjen Tito Karnavian, Kapolri Termuda Sepanjang Sejarah

Profil, Biografi Dan Biodata Irjen Tito Karnavian - Presiden Joko Widodo Akhirnya mengajukan nama Tito Karnavian ke DPR untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Sebelumnya ada calon calon kuat yang akan dicalonkan seperti Budi Waseso, Budi Gunawan, Dwi Priyatno dan Syafruddin. Namun pada ujungnya, Presiden Jokowi merekomendasikan Tito ke DPR. Jika hal itu dikabulkan, maka Tito Karvanian akan menjadi Kapolri termuda sepanjang sejarah kepolisian Indonesia. Sebelumnya Tito Karnavian menjabat sebagai Kepala Badan nasional Penanggulangan Terorisme dan pernah menjadi Kapolda Metro Jaya. Berikut profil dan biodata selengkapnya


Biodata Irjen Tito Karnavian 
  • Nama Lengkap: Tito Karnavian
  • Tempat Lahir: Palembang, Sumatera Selatan
  • Tanggal Lahir: 26 Oktober 1964
  • Istri: Tri Suswati
  • Agama: Islam
  • Almamater: Akademi Kepolisian
  • Karier: Kepala Densus 88 (2009 -2010), Kapolda papua (2012 - 2014), Kapolda Metro Jaya (2015 - 2016), Kepala badan Nasional Penanggulanan Terorisme (mulai 16 Maret 2016)
Tito Karnavian merupakan alumni SMP Xaverius 2 Palembang dan SMA N 2 Palembang. Setelah lulus sekolah SMA , ia lantas melanjutkan pendidikan di Akabari pada tahun 1987. Tahun 1993, Tito Karnavian meraih gelar MA bidang Police Studies di Universitas Exeter. Kemudian pada tahun 1996 ia meraih S1 bidang Police Studis di Sekolah Tinggi Ilmu kepolisian.Tak berhenti disitu, Tito Karnavian melanjutkan pendidikan di Massey Universiti Auckland yang beraa di Selandia Baru dan lulus pada tahun 1998. Maret 2013, Tito Karnavian mendapat gelar phD dengan nilai Excellent di Nanyang Technological university, Singapore.

Garis tangan Tito Karnavian sepertinya sudah ditakdirkan sebagai pemburu buronan. Tahun 2005 lalu, saat dirinya menjabat sebagai kapolres Serang ia diminta membantu pelacakan pelaku mutilasi 3 siswa di Poso. Beberapa tahun sebelumnya, suami Tri Suswati tersebut sudah memimpin pencarian Soewondo yang terjerat kasus Bulog. Oktober tahun 2000 timnya yang hanya terdiri dari 4 orang akhirnya berhasil menciduk tersangka.

Satu tahun berselang, Tito Karnavian kembali menorehkan prestasi di lingkungan Polri. Kala itu Tim Kobra yang dipimpinya berhasil menangkan Tommy Soeharto atas kasus pembunuhan Hakim Agung syafiudin. Karirnya semakin meroket tatkala berhasil membongkar jaringan teroris yang dipimpin Noordin M Top. Atas prestasinya tersebut, Tito lantas diberi jabatan sebagai Kepala Densus 88 Anti Teror. Prestasi lain yang tak kalah menterengnya adalah keberhasilanya menumpas Doktor Azhari di Malang yang membuatnya naik pangkat menjadi Komisaris Besar Polisi.

Demikian tadi Profil, Biografi Dan Biodata Irjen Tito Karnavian. Belum lama menjadi kepala BNPT, Tito kembali direkomendasikan menjadi Kapolri. Akankah lulusan Akpol terbaik angkatan 1987 ini bakal menjadi Kapolri menggantikan Badrodin Haiti? kita tunggu saja kabar selanjutnya

Previous
Next Post »

Post a Comment